Wednesday, June 20, 2012

congrats! keep fihgting guys! :D

gaudeamus igitur...
yuvenesdum sumus


postucundam iuventutem postmolestam venectutem
noshabebit hummus noshabebit hummus....


itu adalah lirik lagu yang pantas buat semua anggota sincostaners
yang sudah lulus dari SMAN 2 BOGOR tercintaaah ini
*maaf kalo tulisan lirik ada yang salah* haha


this is our crew of sincostaners :D


alhamdullilah kelas kami XII IPA 3
mampu mempersembahkan yang terbaik bagi kedua orang tua kami, 
dan juga untuk wali kelas kami ibu imas maswati 
yang telah 2 tahun membimbing kami :')


lulusan terbaik dan termuda tahun 2012 berasal dari kelas kami
yaitu oleh Fika Aksha Mardiyanti Riyandi Putri 
yang diterima di fakultas kedokteran gigi universitas indonesia 
melalui jalur undangan. 
Congrats honey! :D


dan diantara kami pun masih banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri
melalui jalur undangan. 
here's the list :)


1. Nurul Hayati : Fakultas Kedokteran Hewan UGM
2. M. Lutfi Hakim Topanesa : ITB (tapi maaf admin lupa dia jurusan apa)
3. Fima Meiza Ananda R.S : FMIPA Dept. biologi IPB
4. Siti Riska Ulfah Hidayanti : Ilmu Ekonomi IPB
5. Audrey Olivia Herlangga : Silvikultur IPB
6. Ririn Saraswati Istiani : Ekonomi Sumberdaya Lingkungan IPB
7. Sidiq Ma'ruf Nugroho : Manajemen Kehutanan IPB
8. Amanda Agam Putri : IPB (maaf admin juga lupa jurusannya apa :( )
9. Denanda Akhlika Lestari : IPB (lupa jugaaa jurusannya apaa maaf maaf -___- )
10. Cherry Khatleen Dame : Teknologi Industri Pertanian IPB
11. Henny Febriani : Ilmu Konsumen dan Keluarga IPB
12. Hacika Andjani : Ekonomi Sumber Daya Lingkungan IPB


sementara itu ada juga dari kami yang sudah terlebih dahulu diterima di perguruan tinggi swasta 
seperti :
1. Amar Rojeda : Ilmu Perminyakan Trisakti
2. Reza Afriansyah : Ilmu Perminyakan Trisakti
3. Azeiry Fadhilah : Universitas Atmajaya


ada juga loh yang mau jadi bidan yaitu Anisa Kurniati, 
icha ini kemarin dapet jalur undangan juga 
tapi dia gamau ambil karena dia mau ikut akademi kebidanan. 
semoga sukses jadi bidannya yaaa :*
terus ada juga yang memilih untuk melanjutkan menjadi Angkatan Udara (AU) 
yaitu Ardian Ariadi, semoga sukses juga menjadi AU :D


dan ada juga beberapa teman kami 
yang kemarin belum beruntung dalam jalur undangan, 
sehingga mereka harus mengikuti SNMPTN Tulis :( 
tapi.. 
semoga mereka berhasil dalam melalui tes SNMPTN tulisnya :) 
kalian pasti bisaaa!!! *nari pom-pom*
sehingga kelas kami bisa kembali sukses bareng bareng ngga sendiri sendiri *eh


yaaa cukup segitu aja yaa 
admin membeberkan betapa kerennya anak anak sincostaners ini :D
semoga setelah lulus ini kalian bisa tetep sukses di perguruan tinggi masing masing
tetep jaga tali silahturahmi yaa :)


kalo nanti 10 tahun mendatang kita reunian
semoga kalian udah jadi orang sukses semua :')
amiiiin 


inget yaa


WE ARE ONE FAMILY


sampe kapanpun juga 


WE ARE STILL ONE FAMILY !






give me S give me I give me N give me C
give me O give me S give me T give me A
give me N


SINCOSTAN! :D

SINCOSTAN unforgetable moment :'D



well guys, postingan ini repost dari blognya si fima
siregarfima.blogspot.com
udah lama banget sih ini ceritanya 
tapi gapapalah :p


tanggal 30-1 2011 kemaren sincostan ngadain acara perpisahan kelas di puncak, kita sekelas nyewa villa namanya villa rossete. awal kitamau berangkat ngga semulus perkiraan. si fima dateng ngareeeeet banget gara gara macet -_- . nyokapnya fima juga ikut buat ngejagain kita2 selama disana.
seru banget acara pas di villa. kita nyanyi bareng2, becanda2an, seru2an di kamar, bakar2an pas malemnya makan jagung  bakar, sosis dll haha bahan makanan berlimpah ruah dikirimin bokapnya fadel.
nurul, dea, fima, batak
apalagi pas waktunya tidur malah pada cerita serem, tapi villa yang kita sewa itu emang ada penghuninya katanya nyokapnya fima terus kata supirnya fadel dan juga kata si galih. 
akhirnya anak2 cowonya tidur ngegabung sama anak2 cewe haaah itu maaah sempit bangeet tempat tidur teh -_- 
pas pagi2nya kita langsung sarapan nasi goreng made in nyokapnya fima 
*thanx ya tante :D*

abis anak anak cewenya mandi (fima, nurul, batak, dea, cabul) anak anak cowonya iseng! mereka ngerjain para cewe cewe kece yang udah pada cape cape mandi ini coba yaaa. sama mereka para cewe cewe ini digotong doong terus diceburin ke kolam renaaang kampreeeet akhirnya udah deeeh mereka pun basah kuyup 
mandi lagi akhirnya ngulang ckckc -__- 
mana airnya dingin banget kaya air es sialan emang hahaha.
*kebetulan ini admin yang ngepost cewe jadi melihat dari sudut pandang cewe*

wakakak..

tapi sumpah kmrn itu seeeeeeruuuuuu bgt kalo kaya gitu gue semakin gamau pisah sama ipa 3 :') terlalu banyak kenangan indah bersama2 sincostan yg bkn gue sedih banget kalo nanti kelasnya diacak lg. walau tekadanga ada beberapa masalah juga di sincostan tapi kalo emang waktunya kita nyatu dan seru2an semua masalah itu seakan2 ngga keliatan dan lagipula baru kali ini gue punya kelas seseru dan sekompak sincostan. yaaaa semoga aja yaa kita ga dipisah teman temaaan sebelas ipa tiga smanda (klik linknya kalo mau follow twitter ipa 3 ) :D

kalo mau liat blog ipa 3 klik link dibawah 
kalo mau liat facebook ipa 3 klik link dibawa

Sunday, April 29, 2012

cacat...

admin cuma mau ngeshare sedikit video yang diambil pas pelajaran kimia
bersama ibu Pj tercintaaah yang paling unyuuuu sejagad!


ini diaaa 


yang pertama dari maskot kelas dulu deh....

alifi featuring safly!!!!
*joged*





dua sejoli yang sangat serasi ini ngecover lagu dangdut dengan judul sms
tapi liriknya bukan lirik sebenernya
melainkan lirik yang udah ada di buku kimia kita
jadi kita nyanyi pake bahasa kimia
*kurang hebat apa coba*



video yang selanjutnya adalah dari sang atlit kelas beserta peliharaannya
*bisa digampol si ivan nih* -____-
ini dia Ari featuring Ivan!!!!




waduh videonya terbalik .____.
*sama kaya yang ada di video otaknya terbalik*
ini udah dirotate sih di youtubenya
tapi emang belum keubah
soalnya makan waktu lumayan lama biar bisa ke rotate
si ari sama si ivan ini
ngecover lagunya irwansyah yang pecinta wanita
dan masih nyanyi dengan bahasa kimia...

video yang ketiga datang dari bikers kelas featuring profesor gagal kelas  *eh
ini dia...
ojan featuring daru!!!!!
*salto pake rumus*



dua pasangan fenomenal ini ngecover lagunya vina panduwinata
surat cinta

the last...
video yang terakhir ini berasal dari The virgin
*versi abis digaplokin massa*
inilaaaah!!
Fima featuring nuruuuulll!!





si fima disini kebanyakan ngakak daripada nyanyinya
-____-

yaaaa segitu sajaa video penampakan yang berhasil admin share di blog tercinta ini
sebenernya masih banyak lagi tapi ga semuanya ada di hp admin 
jadi nanti lagi di sharenya okeeeeh 
*kedip kedip*
cusss admin capcus dulu yeee

wassalam....

Friday, August 12, 2011

Laporan Praktikum Kimia Tekanan Osmosis Dan Isotonik

Tekanan Osmosis

I. Tujuan : untuk mengetahui tekanan osmosis yang terjadi pada kentang

II. Alat Dan Bahan
- gelas kaca
- sedotan berlubang besar
- penggaris
- kentang
- larutan gula

III. Cara Kerja
1. siapkan 1 gelas kaca
2. masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam gelas tersebut.
3. masukan 1 sendok makan gula ke dalam air.
4. aduklah gula tersebut sehingga menjadi larutan gula.
5. lubangi bagian tengah kentang yang telah disiapkan
6. tancapakan sedotan pada lubang tersebut.
7. masukkan laruta gula kedalam sedotan.
8. diamkan selama 24 jam
9. amati dan ukur kembali tinggi air pada sedotan setelah 24 jam

IV. Analisis Data
larutan gula yang berada di dalam sedotan setelah didiamkan selama 24 jam akan berkurang dari jumlah sebelumnya.

V. Pertanyaan
mengapa hal tersebut bisa terjadi?
jawaban : Karena larutan gula tersebut terserap ke dalam kentang diakibatkan oleh peristiwa osmosis (larutan dengan konsentrasi tinggi berpindah ke larutan berkonsentrasi lebih rendah melalui membran semi-permeabel)

VI. Kesimpulan
Larutan gula pada sedotan merupakan larutan berkonsentrasi tinggi jauh lebih pekat dibandingan dengan air yang terkandung di dalam kentang, sehingga menyebabkan larutan gula menyusut sebagai akibat dari peristiwa osmosis.

Tekanan Isotonik

I. Tujuan : untuk mengetahui tekanan isotonik pada masing masing wortel dengan jenis larutan dan konsentrasi larutan yang berbeda

II. Alat Dan Bahan
- 2 buah gelas kaca
- penggaris
- 1 buah wortel segar
- pisau
- larutan gula
- larutan garam

III. Cara Kerja
1. masukkan larutan gula yang telah disiapkan pada gelas pertama
2. masukkan larutan garam yang telah disiapkan pada gelas ke dua
3. potong wortel menjadi 2 bagian yang sama panjang
4. masukkan wortel yang telah dipotong hingga terendam ke dalam masing masing larutan
5.  diamkan selama 24 jam
6. amati dan ukur perubahan ukuran wortel pada masing masing larutan

IV. Analisis Data
wortel pada gelas yang berisi larutan garam akan menyusut dari ukuran sebelumnya, sedangkan wortel pada larutan gula ukurannya tetap
(masukin tabel data percobaan masing masing)

V. Pertanyaan
mengapa hal tersebut bisa terjadi?
jawaban : wortel di dalam larutan garam dapat menyusut dikarenakan sel sel pada wortel kehilangan rigiditas (kekakuan)nya.

VI. Kesimpulan
potensial air di dalam sel wortel lebih tinggi dibanding dengan potensial air pada larutan garam, sehingga air dari dalam sel akan keluar menuju larutan garam. Hal tersebut menyebabkan wortel pada larutan garam kehilangan rigiditas (kekakuan)nya sehingga menyebabkan wortel tersebut menyusut. sedangkan pada larutan gula potensial air di dalam dan di luar sel sama besarnya (isotonik) sehingga sel wortel tidak kehilangan rigiditasnya.

Thursday, August 11, 2011

Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

perkecambahan kacang merah.
Pertumbuhan : Proses pertambahan volume yang tidak dapat berbalik (irreversible), akibat dari:
● Pertambahan jumlah sel akibat pembelahan Mitosis
● Pertambahan ukuran sel (volume,tinggi dan panjang)
● Bersifat kualitatif.

Perkembangan
Proses terspesialisasinya sel-sel menuju struktur dan fungsi tertentu.
Proses ini tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.
Pertumbuhan dan Perkembangan senantiasa berjalan sejajar dan berdampingan.

Pertumbuhan pada Tumbuhan:
• Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi akibat kegiatan sel-sel pada jaringan meristem yang selalu membelah secara mitosis.
Jaringan meristem terletak di ujung akar, ujung batang dan kambium.
● Pertumbuhan Primer
Pertumbuhan yang menyebabkan memanjangnya ujung akar dan ujung batang
● Pertumbuhan Sekunder
Pertambahan besar diameter batang akibat kegiatan pembelahan jaringan kambium (titik tumbuh sekunder). Hanya terjadi pada tumbuhan dikotil.

• Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

➔ Faktor Genetik
➔ Phytohormon, yang terdiri atas : Auksin,Giberelin,Sitokinin,Asam Absisat (ABA),Gas Etilene,Kalin
• Auksin
  • Banyak terdapat pada ujung koleoptil
  • Mendorong pemanjangan batang/pucuk
  • Merangsang pertumbuhan akar adventif pada batang/stek batang
  • Memacu dominasi tunas apikal (tunas diujung batang)
• Giberelin
  • Memacu pertumbuhan batang
  • Merangsang perkecambahan biji dan tunas
  • Merangsang pembentukan bunga
  • Merangsang perkembangan buah tanpa biji (partenokarpi)
• Sitokinin
  • Memacu pembelahan sel dan pembentukan organ
  • Menunda penuaan
  • Memacu perkembangan kuncup samping
  • Memacu perbesaran sel pada kotiledon dikotil.
• Asam Absisat (ABA)
  • Menghambat pertumbuhan (Dormancy)
  • Memacu pengguguran daun, bunga, dan buah
• Gas Etilene
Mempercepat pematangan buah, merangsang pembungaan, merangsang penuaan dan pengguguran daun serta menghambat pemanjangan batang.

• Kalin
Merangsang pertumbuhan bagian-bagian tanaman
- Rhizokalin = akar
- Filokalin = daun
- Kaulokalin = batang
- Anthokalin = bunga

 ● Faktor Luar (eksternal)

• Zat hara
Berupa makroelemen maupun mikroelemen yang diserap oleh akar maun bagian tubuh yang lain berupa gas, air dan zat yg terlarut bersama air.
• Air
Diperlukan dalam Fotosintesis, reaksi kimia, menjaga kelembaban, dan membantu perkecambahan biji.
• Cahaya
Membantu proses fotosintesis namun cahaya yg berlebihan justru menghambat kerja hormon auksin (pertumbuhan)
• Suhu
Suhu optimum untuk tumbuhan umumnya 22o C – 37o C
Tumbuhan tidak tumbuh pada suhu dibawah 0o C dan diatas 40ยบ C
• Kelembaban
Pada kondisi kelembaban yang tinggi, umumnya pertumbuhan tanaman lebih cepat namun kelembaban yang rendah diperlukan oleh beberapa tanaman untuk pertumbuhan generatip, sehingga berbunga pada musim kemarau.
 
Pertumbuhan pada Hewan
 
metamorfosis scheme.
● Fase Embrionik
Yaitu pertumbuhan mulai dari zigot hingga terbentuknya embrio.

Terdiri beberapa tahap:
1. morula
2. Blastulasi
3. Gastrulasi
4. Morfogenesis
5. Diferensiasi
6. Spesialisasi jaringan
7. Induksi embrionik
8. organogenesis

● Fase Pasca Embrionik

• Metamorfosis
• Regenerasi